28 April 2014

Kuntum Nurseries - Liburan Agrowisata di Kota Bogor


Hai...kali ini aku mau sharing liburan seru bersama keluarga kecilku, edukatif dan mendidik. Biasanya aku dan suami mengajak anakkku liburan ke moll saja, dan paling-paling kami ajak main fachri di Amazon, Fun World, Time Zone atau sejenis game zone yang ada di moll di Jakarta. Nah liburan kali ini hasil nyontek dari temen si hehe, lagi cek home fb, eh muncul tuh foto temen lagi sama keluarganya pake caping, terus capturenya "at kuntum", jadi penasaran dong ini kuntum tempat apaan, kayaknya seru, soalnya dulu sebelum nikah aku paling suka liburan yang berbau alam, jadi ala-ala bolang gitu :D. akhirnya langsung aja aku browsing sana sini tentang kuntum, dan sepertinya tempatnya sangat menarik. Udah gitu deket lagi dari Jakarta dan biaya HTM nya termasuk murah cuma Rp. 25.000/orang dan fachri masih free karena dia masih dibawah 2 tahun, lumayan ngurangin pengeluaran hihi. 

Aku berangkat dari Jakarta sekitar jam 11 siang, perjalanan kami lancar, gak macet sedikitpun di toll, alhamdulilah sekali lagi...jadi gak bete di jalan karena fachri'nya gak rewel :) . Kami keluar pintu toll Ciawi, terus menuju jalan raya tajur, tempatnya ternyata ga susah, kalo pernah dateng ke Terminal Tas Tajur (sebelah kanan jalan, dan Kuntum ini disebelah kiri jalan) nah setelah terminal tas masih lurus keatas, setelah melewati pom bensin satu kali disebelah kiri, pelan-pelan saja, karena destinasi sudah dekat, dan benar gak lama dari situ kita harus belok ke kiri (jadi posisi kuntum gak di pinggir jalan raya tajur, agak masuk ke dalam ya).


abi dan fachri narsis di depan pintu masuk Farm Field

Aku sampai di Kuntum jam 12 siang, pas berbarengan dengan azan solat Zuhur. Parkirannya luas, dan sepertinya hari ini agak sepi, tidak banyak yang berkunjung atau mereka sudah pada pulang ya, jadi kami bisa memarkir kendaraan tepat di depan pintu masuknya. Kami langsung menuju Farm Field, tempat dimana peternakan dan perkebunannya. Sebelum masuk Farm Field kita diharuskan membayar tiket masuk yang ada di lobby depan, dan lobby ini juga difungsikan sebagai galeri menjual furnitur seperti kursi dan lemari. Karena ditata sangat rapi, awalnya aku gak ngeh kalau ini adalah galeri, bukan sekedar lobby hehe. Selesai bayar tiket kita langsung chuss ke Farm Filed..., disini disediakan caping pak tani gratis, aku sarankan dipake capingnya, soalnya panas banget disini. Tapi si waktu aku kesana, alhamdulilah cuaca lagi bersahabat banget (read:mendung) jadi gak perlu pake caping (itu difoto untuk narsis aja hehe).

Dan setelah masuk ke area peternakan, jreeeeeng......fachri seneng banget pemirsa. Dia langsung minta turun dari gendongan, langsung deh jalan kesana kemari (berasa udah lancar jalan, padahal dia baru seminggu bisa jalan hehe ). 

Fachri mau ngejar kambing, tapi jalannya masih belum bisa lurus :D

Hewan disini selain jinak juga bersih-bersih. Kandangnya pun terawat sekali. Disini kita bisa kasih makan hewan ternak seperti kambing, sapi, marmut, kelinci, ayam, bebek dan ikan.


fachri penasaran sama bayi kambing
Tuh liat kelincinya gede dan bersih banget ya...fachri sampe gemes, pengen pegang sendiri kelincinya :D 
gendut banget kan kelincinya :)


Ini nih moment yang paling fachri suka, kasih mimi susu kambing. Soalnya kambingnya napsu-napsu banget mimi susu nya.


kasih mimi susu embe

Ini suasana kandang kambing di kuntum, bersih ya...asri lagi, banyak pohonnya. 

suasana kuntum farm field
Ini daftar harga makanan ternaknya. Gak mahal kok, kalau untuk kelinci bisa dikasih makanan sayuran (wortel, kangkung), bisa juga dengan pelet. Nah kalo kambing dan sapi bisa dikasih susu atau rumput. 
Daftar Harga Makanan Ternak di Kuntum

Kambing nya kalo udah sore dimasukin ke Kandang
Selain ada peternakan dan perkebunan, di depan dekat lobby ada terapi "fish spa" kalo gak salah harganya sekitar Rp. 30.000/15 menit. Nah ini sih lumayan mahal, kemarin sempet pengen coba, tapi ternyata udah kesorean jadinya gak jadi.

Oh iya, just info aja, pohon pohon yang ada disini bisa dibeli, ada yang masih bibit kecil sampe lumayan gede, dari pohon buah-buahan sampe sayuran juga bisa dibeli. Pendiri tempat ini kreatif banget, soalnya aku sempet liat ada tempat sampah yang isinya hanya daun kering, jadi itu nanti akan digunakan untuk pupuk (kompos). Disini benar-benar go green banget konsepnya.

Disini ada ayam ketawa, ini juga boleh dibeli, tapi harganya lumayan mahal, sekitar Rp. 900.000/ekor, suaranya lucu baru denger ayam bunyinya gak kukuruyuk tapi kaya orang ketawa :D

Menurutku ini tempat beneran recomended banget. Soalnya tempatnya bersih, luas, unggas dan ternaknya juga dirawat sekali. Jadi gak takut kalau anak-anak pegang-pegang itu unggas. Dan banyak disediakan tempat untuk cuci tangan. Disana juga disediakan mushola yang bersih. Dan juga ada tempat untuk kita makan siang. Ada juga kolam pemancingan ikan. 

Untuk ibu ibu bisa memanen sayur, nanti setelah dipanen sayurnya dicuci bersih dan ditimbang, dan harganya sesuai dengan timbangan, dan lumayan murah kok harganya. Kemarin aku panen jambu biji, isi 6 buah harganya 10 ribu rupiah, murah kan. Jadi Kuntum Nurseries itu tempat wisata keluarga dan semua usia. 

Oke...sampe ketemu di liburan kami selanjutnya, dan semoga bermanfaat.



Kuntum Nurseries :
Harga Tiket Masuk : Rp. 25.000 / orang
Jl. Raya Tajur No.291 , Bogor
Hari : Senin - Minggu 
Jam : 8.00 - 18.00
Website : www.kuntum-nurseries.com/








3 komentar:

  1. Referensi tempat liburan yang mengedukasi dan menyenangkan

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terimakasih, lain kali kalau ada tempat edukasi untuk anak kita share lagi

    BalasHapus