15 Oktober 2012

Bagaimana Gigi Berkembang di Dalam Kandungan?

Selama 4 bulan pertama dalam kandungan, gigi bayi mulai terbentuk. Bayi menyerap kalsium dan fosfat dari alirah darah ibu. Zat-zat itulah yang termineralisasi menjadi gigi. Vitamin D dan hormon-hormon pertumbuhan juga merupakan bagian penting dari proses tersebut.

Meskipun gigi susu biasanya tidak muncul dalam mulut bayi sampai sekitar 6 bulan setelah kelahiran, berbagai bagian dari 20 gigi susunya telah terbentuk sebelum ia lahir. Gigi-gigi susu ini mulai tumbuh sebagai kuncup-kuncup gigi. Dari situlah mahkota-mahkota gigi (bagian gigi yang terlihat di mulut) mulai terbentuk. Gigi-gigi tersebut tumbuh di rahang, dalam kantung-kantung yang disebut folikel.

Bila mahkota-mahkota sudah lengkap, akar gigi mulai berkembang. Pembentukan akar akhirnya selesai pada saat gigi muncul dan sudah keras sepenuhnya. Lapisan email pada gigi merupakan jaringan terkeras pada tubuh dan lebih kuat dari besi.

Sumber: Merawat Gigi Bayi, Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak, Jane Chumbley & Clare Walters, Penerbit Erlangga, 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar